Tips Merawat Baju Toga Wisuda – Bagi mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan baju toga? Baju khusus ini biasa digunakan untuk pelaksanaan peresmian wisuda atau kelulusan di universitas atau perguruan tinggi. Pakaian toga memiliki dominan warna hitam yang dilengkapi aksesoris topi dan tabung yang berfungsi sebagai tempat meletakkan ijazah kelulusan.

Tak ada yang spesial dari bentuk pakaian toga ini, sekilas nampak jubah besar yang dilengkapi resleting agar memudahkan pengguna pada saat mengenakan dan melepaskan baju toga. Terkadang para mahasiswa tidak wajib untuk memiliki baju toga, karena biasanya untuk kampus tertentu telah menyediakannya, sehingga bagi siswa yang akan melaksanakan wisuda, bisa meminjamnya dan dikembalikan apabila acara wisuda telah usai.

Nah, untuk kalian yang memiliki pakaian toga dan kesulitan dalam perawatannya, coba simak tip dibawah ini. Jangan lupa simak juga Tips Merawat Jas Almamater

Tips Merawat Baju Toga

1. Jangan campurkan pakaian toga dengan pakaian lain
Pisahkan dulu pakaian toga dengan yang lain. Rendam jubah toga dalam beberapa menit, jangan rendam terlalu lama. Untuk pencucian Topi toga, usahakan tidak boleh dicuci. Mengingat topi toga terbuat dari bahan karton dengan lapisan kain, jadi cukup dibersihkan saja dengan kain halus setengah basah.

2. Jangan gunakan Deterjen yang keras
Gunakan deterjen yang memiliki daya konsentrasi tidak terlalu keras. Sifatnya lembut dan tidak merusak kain. Karena ada beberapa deterjen yang sifatnya merusak kain.

3. Penjemuran
Selesai mencuci, usahakan ketika jubah dijemur dalam posisi dibalik, sehingga kain luar tidak terkena matahari langsung. Hal demikian bermaksud supaya menjaga warna dari jubah itu sendiri. Usahakan tidak menjemur langsung terkena panas sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja.

4. Proses Setrika
Setelah jubah disetrika dapat digantungkan atau dilipat dengan rapih. Usahakan melipat jubah dalam keadaan kondisi kering agar jamur tidak tumbuh di baju toga Anda.

Perawatan baju toga wisuda cukup mudah, hampir sama seperti perawatan pakaian lainnya. Bahan toga umumnya dari bahan drill. Drill itu mempunyai bermacam-macam jenisnya, mulai dari drill yang memiliki kualitas bagus hingga kualitas kurang bagus.

Disamping itu pola jahit toga wisuda tidak sesulit pakaian lain karena bentuknya hanya sebuah jubah. Maka dari itu tak perlu memerlukan waktu lama. Warna kain hitam juga memudahkan dalam mencari stok kain nantinya. Pengerjaan pakaian toga wisuda bisa diandalkan oleh ahlinya salah satunya di tempat bikin seragam.

Demikian tips perawatan baju toga, semoga tips tersebut bisa membantu dalam merawat pakaian toga wisuda Anda. Jangan lupa untuk selalu merawat pakaian Anda dan tidak terbatas hanya pada baju toga saja.