Merawat Jas Almamater bagi seorang pelajar perlu dilakukan, khususnya mahasiswa dalam mengenakan jas almamater tentunya memiliki kebanggaan tersendiri, mengingat fungsinya adalah untuk identitas anda dalam menempuh pendidikan di salah satu universitas tertentu. Biasanya jas almamater ini dipakai dalam acara yang sifatnya formal atau akademis.

Selain itu bagi setiap pemakainya, jas ini memiliki keunggulan karena akan membuat penampilan terlihat lebih berwibawa dan elegan. Walaupun demikian, tentunya jas almamater yang anda miliki ingin tetap bagus dan terawat hingga anda selesai kuliah nanti. Nah, berikut dibawah ini adalah tipsnya.

Cara Merawat Jas Almamater yang baik agar selalu terlihat bagus

1. Jangan memakai jas almamater sesering mungkin. Gunakanlah maksimal dua kali sehari, Bahkan jika tidak terlalu penting sebaiknya jangan digunakan.

2. Setelah digunakan, ada baiknya jas almamater jangan dilipat, namun gantungkan dengan hanger. Hal tersebut bertujuan agar jas tetap rapih. Disamping itu, menyimpan dengan cara digantu akan menetralisir bekas bau badan. keringat yang terkandung dalam jas akan cenderung berkurang dan lama kelamaan akan kering terkena udara.

Lihat juga: Tips Membuat Seragam Kerja Yang Bagus

3. Cuci saat keadaan jas memang benar-benar sudah kotor dan bau. Usahakan jangan mencuci jas dengan deterjan yang berlebihan. Baiknya sebelum dicuci direndam dahulu beserta pewangi selama kurang lebih 15menit sampai 20menit. Karena dengan merendam jas bisa mengurangi kotoran dan noda yang menempel, sehingga akan ringan pada saat Anda mencucinya dan serat kain dalam jas akan tetap terjaga keutuhannya.

4. Apabila langkah mencuci jas telah selesai, jangan jemur jas anda dengan paparan matahari secara langsung. Usahakan jemurlah di ruangan yang tak terkena sinar matahari secara langsung. Cukup dengan diangin-anginkan saja. Apabila akan dijemur di ruangan terbuka, sebelumnya anda harus membalikan jas terlebih dahulu. Sehingga yang terkena sinar matahari adalah bagian luar dari jas tersebut. Hal demikian bertujuan untuk menjaga warnanya.

5. Setrikalah jas almamater anda dengan dengan suhu yang tidak terlalu panas, sedang saja. Sama halnya dengan menjemur, apabila terlalu panas maka dapat merusak warna jas tersebut dan jas tidak mengkilap lagi/kusam. Proses menyetrika pada jas tentunya berbeda dengan cara menyetrika pakaian biasa. Usahakan tidak boleh ada lipatan sedikitpun baik di bagian kerah maupun lengan.

6. Jas jangan dilipat dan ditumpuk dengan baju lain, cukup digantungkan saja di dalam lemari. Bila perlu bagian dalam lemari dapat diberi silica gel agar jas tidak berjamur.

Seperti itulah cara merawat jas almamater. Agar jas Anda awet dan tahan lama, perhatikan dengan benar cara perawatannya. Hal pertama yang perlu dilakukan saat jas terkena noda adalah ambil kain lalu masukkan ke air hangat lalu tempelkan ke jas yang terkena noda, jangan digosok. Gunakan alat cleaning spotting dan dry clean untuk menyedot noda, proses tersebut berlangsung hingga 20 menit lebih.