Konveksi Jakarta – Bagaimana Tips Membuat Seragam Kerja Yang Bagus? Dalam sebuah lembaga atau perusahaan tentunya membutuhkan seragam kerja agar terlihat lebih profesional. Seragam kerja sendiri dapat diartikan bagian dari salah satu kebutuhan perusahaan atau lembaga yang harus dimiliki.

Selain nampak profesional dan kekompakan, seragam kerja bisa mempengaruhi kelancaran dan kenyamanan seseorang dalam bekerja sebab jika seragam yang dipakai nyaman dan sesuai dengan bidang kerja yang dikerjakan tentunya akan semakin membuat para pekerja menjadi semangat.

Apabila seragam yang dibuat tidak nyaman dan tidak sesuai dengan bidang yang dikerjakan contohnya rok pensil bagi staff menjahit tentunya akan menghambat proses kinerja penjahit tersebut. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan kenyamanan dan bidang pekerjaan sebelum memutuskan model, desain, bahan, ataupun warna seragam yang hendak ditentukan.

Lantas bagaimana agar seragam kerja yang dikenakan baik dan nyaman bagi para pekerja? berikut dibawah ini adalah tipsnya:

Tips Membuat Seragam Kerja Yang Perlu Anda Ketahui

1. Pemilihan bahan harus disesuaikan dengan kebutuhan

Bahan yang akan digunakan untuk membuat seragam kerja atau seragam lainnya sangatlah penting untuk dipertimbangkan dan tidak boleh dipilih secara sembarangan. Sebelum memutuskan bahan yang akan digunakan untuk membuat seragam perlu mempertimbangkan jenis pekerjaan apakah ringan atau berat, tempat untuk bekerja di dalam atau di luar ruangan, dan kegiatan pekerjaan yang dilakukan.

Bahan untuk seragam orang yang melakukan pekerjaan ringan dengan berat tentunya berbeda. Begitu juga seragam orang yang bekerja di dalam ruangan dengan diluar ruangan. Setiap jenis kegiatan pekerjaan juga membutuhkan bahan seragam yang berbeda-beda pula. Bahan seragam harus disesuaikan dengan semua hal tersebut karena akan sangat mempengaruhi kenyamanan orang yang mengenakan atau pegawai saat bekerja.

2. Tentukan warna yang sesuai

Cari dan pilih warna seragam yang sesuai dengan bidang pekerjaan atau yang cocok dengan warna perusahaan. Biasanya setiap perusahaan pasti memiliki warna yang menjadi simbol ataupun identitas perusahaan. Seragam yang disesuaikan dengan warna perusahaan berguna terutama untuk membangun brand image perusahaan.

Selain itu, bisa juga memilih warna seragam yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilakukan contohnya warna hitam untuk mekanik agar bisa meminimalkan noda sehingga tidak terlalu tampak.

3. Model seragam harus senyaman mungkin

Model seragam kerja yang dibuat akan sangat mempengaruhi kenyamanan pegawai atau staff saat bekerja. Karenanya, model seragam sebaiknya dibuat senyaman mungkin tapi tetap baik serta bisa mencerminkan perusahaan. Selain itu, sesuaikan juga model dengan bidang pekerjaan yang dikerjakan sebab nantinya seragam justru bisa menghambat kinerja bila tidak cocok dengan bidang pekerjaan yang dikenakan.

Cara yang bisa dilakukan agar dapat membuat model seragam yang nyaman dan mencerminkan perusahaan yaitu dengan memvisualisasikan seragam dalam sebuah sketsa. Dengan memvisualisasikan model seragam yang akan dibuat maka akan mudah untuk berbagi gagasan ataupun visi dengan pegawai maupun orang lainnya yang terkait dengan perusahaan maupun bidang pekerjaan.

Tips di atas merupakan cara membuat seragam kerja yang baik dan nyaman sehingga kinerja staff maupun pegawai juga meningkat. Seragam memang kebutuhan khusus bagi pegawai ataupun orang yang bekerja dan dapat mempengaruhi kelancaran kegiatan orang maupun pegawai yang bersangkutan.