Tips dan Fungsi Wearpack – Sebuah seragam kerja yang didesain sebagai alat pelindung diri saat berada dalam kondisi tertentu atau didaerah lainnya yang kotor. Sehingga baju yang dikenakan bisa terlindungi dari kotoran yang berceceran. Selain digunakan sebagai perlindungan diri, wearpack juga memiliki fungsi sebagai identitas perusahaan tempat seorang bekerja.

Umumnya wearpack dirancang khusus dengan kesesuaian perusahaan, seperti logo, warna dan motif. Sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Wearpack ini kebanyakan diperuntukkan bagi para pekerja lapang yang langsung bersentuhan dengan benda yang akan diolah atau dirawat.

Saat ini wearpack yang dijual dipasaran terbagi dalam dua jenis, yaitu wearpack terpisah bagian atas dan bawah, atau wearpack coverall yang menyatu antara bagian celana dan atasan. Hal ini tergantung dari kebutuhan penggunaan dari wearpack tersebut.

Fungsi Wearpack Bagi Pekerja

Wearpack memiliki fungsi untuk melindungi tubuh atau baju pekerja dari tempat kotor, percikan logam panas, dan sebagainya. Maka dari itu kita wajib menggunakan pakaian kerja (wearpack) yang sesuai standar. Fungsi lainnya dari penggunaan wearpack adalah sebagai identitas dan bertujuan untuk menyeragamkan pekerja serta menunjukkan identitas sebuah jabatan karyawan.

Contohnya seragam kerja dengan warna berbeda antara pekerja las dengan pekerja elektrik. Dengan adanya identitas ini, maka divisi pekerjaan seseorang akan dapat dibedakan. Untuk lebih memudahkan lagi. Pakaian kerja biasanya diberikan penambahan bordir (Seperti : logo perusahan) dan bordir tulisan pada bagian – bagian tertentu. Sehingga dapat menunjukkan Identitas sebuah perusahaan dan divisi pekerjaan.

Pemilihan bahan kain khusus seperti anti api, anti air dan lain-lain membuat fungsi wearpack atau safety overall menjadi sempurna sebagai pakaian pelindung, penambahan reflektor atau scotlight selain sebagai variasi juga dapat berguna sebagai pengaman pada saat gelap atau malam hari, reflektor / scotlight dapat memantulkan cahaya yang diterima secara maksimal sehingga objek tetap terlihat walaupun dalam keadaan rendah cahaya. Jenis reflektor atau scotlight menentukan kemaksimalan daya pantul dan daya tahan pemakaian.

Tips membuat Wearpack yang baik, benar dan nyaman digunakan

1. Pemilihan bahan pakaian kerja, harus memperhatikan bahaya yang mungkin akan menimpa pekerja.

2. Sebaiknya wearpack sesuai dengan ukuran dan nyaman untuk bekerja. Agar gerakan anda lebih fleksibel dan cekatan.

3. Pakaian yang tidak terlalu longgar dan dasi jangan dipakai. Terutama saat mendekati mesin yang berjalan. Bagi anda yang bekerja diarea yang rawan meledak hindari pakaian yang mudah terbakar.

4. Gunakan baju dengan panjang lengan yang sesuai dengan pekerjaan.
Dilarang memasukan benda tajam, runcing dan bahan mudah terbakar ke dalam kantong pakaian.

5. Tenaga kerja yang berhadapan debu yang dapat terbakar. Sebaiknya tidak menggunakan pakaian kerja yang mempunyai kantung.

Bahaya jika tidak menggunakan wearpack saat bekerja :

1. Terkena suhu panas (udara/lingkungan), terutama panas oleh mesin-mesin motor dibengkel otomotif.

2. Terkena suhu dingin (udara/lingkungan).

3. Kontak langsung dengan benda basah / benda panas

4. Kontak dengan rangkaian listrik yang ada di bengkel yang kurang tertata rapi.

5. Terkena arus lisrik yang ada didalam mobil.